Sobat, mungkin sobat pernah menggunakan sebuah aplikasi yang apabila ingin menyimpan/menjalankan proses tertentu cukup dengan menekan tombol ‘ENTER’ pada keyboard sebagai alternatif dari menekan tombol ‘OK’ pada layar dengan mouse. Meski terlihat sangat simple, namun disamping lebih memberikan kenyamanan pada si user, hal ini juga dapat memberikan kesan profesional untuk aplikasi yang sobat bangun.

Oke langsung aja, kali ini kita akan mencoba fungsi ini dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Berikut contohnya :

1.  Desain form sobat seperti gambar dibawah ini :



2. Kita akan memberikan fungsi pada textbox ‘nama’, dimana apabila tombol  ditekan, maka cursor akan berpindah fokus pada textbox alamat. Caranya double klik pada textbox ‘nama’ kemudian ganti procedure-nya menjadi ‘keypress’ seperti gambar dibawah ini :



3.     Kemudian pada sub keypress tadi, ketikkan kode berikut :

           If KeyAscii = 13 Then
       Text2.SetFocus
End If

4. Kali ini kita akan memberikan fungsi pada textbox ‘alamat’, dimana tombol ENTER akan memanggil fungsi pada tombol ‘PROSES’. Double klik pada tombol ‘PROSES’ kemudian ketikkan kode berikut :

MsgBox "Nama sobat adalah : " & Text1.Text & ", Dan Alamat Sobat adalah : " & Text2.Text, vbInformation, INFO 

   5. Double klik pada textbox ‘Alamat kemudian ganti prosedure-nya menjadi keypress dan ketikkan kode dibawah  ini :

             If KeyAscii = 13 Then
       Command1_Click
End If

    6. Jalankan program. Ingat gunakan tombol ENTER setelah anda mengisi textbox ‘nama’ untuk berpindah ke textbox ‘Alamat dan tekan ENTER pada textbox ‘alamat’ untuk memproses dan lihat hasilnya. Selamat mencoba J